Monday, October 18, 2004

Serba mendadak...

Satu hal yang saya agak-agak sebel dengan Band saya, the Other Eight, adalah persiapan yang serba mendadak, dan muaranya: performance jadi nggak maksimal.

Misalnya sekarang ini. Minggu depan, kami harus manggung di Autumn Dance, sebuah acaranya Vietnamese Student Association di kampus *pemain gitar saya, Chau, orang Vietnam*. Tapi baru kemarin ini Juhari, bassis band saya, mulai mengajak latihan. Kalau lagunya sudah pernah kita mainkan sih, nggak masalah, tinggal memantapkan aja. Tapi yang bikin saya sebel, ternyata saya harus nyanyi lagu baru yaitu lagunya Led Zeppelin-Stairway to Heaven! Buat Yierick, gitaris band saya yang sudah main lagu ini berkali-kali, tentu ini nggak masalah. Lagian genre beginian kan emang dia suka. Tapi saya kan nggak ngeh ama lagu ini, wong bukan termasuk salah satu lagu yg saya suka. Terpaksa kan saya harus belajar menyukai, menjiwai lagu ini. Udah gitu pas saya nyari-nyari liriknya di internet, ya ampyun, panjangnya minta ampun, plus nggak ada yg mirip-mirip lagi antara satu bait ama bait yg lain. Alamat saya musti ngapalin lagunya seminggu penuh! Yg bikin nyesek lagi, lagu beginian kan gak cocok buat suara saya. Ya bisa sih dicocok-cocokin *sebagai finalis Cyclone Idol kudu bisa dong nyanyiin semua jenis lagu, caila...sombong banget..* tapi gak ada satu bagian pun dimana saya bisa menyelipkan personality saya. Kesannya jadi mirip plek ama penyanyi aslinya. Aduh, saya kan gak suka banget niru penyanyi lain!

Kemarin ini, akhirnya dengan agak mangkel, saya iya-kan ajakan latihan Juhari. Dia bilang, jam 2 sore kita latihan di tempat latihan kita di apartment Yierick di 225 North Hyland. Tunggu punya tunggu, sampai hampir jam 3, eh, gak nongol juga si Yierick menjemput saya. Akhirnya telpon Yierick.

"Halo, Yierick, jadi latihan nggak nih?"
"Waduh, Nen, sori, lupa ngasih tahu. Ini yang latihan band cewek2 dulu. Kita nanti latihan jam 7-an." Sialan, tiwas saya menunda bbrp pekerjaan.
"Oh ya udah. Entar aja kalo gitu." Sialan, sialan. "Eh, kirim mp3-nya dulu dong, aku nggak punya."
"Oh, OK. Entar deh aku kirim." Telpon ditutup.

Dan yang namanya entar itu, ternyata sampai jam 7 malem. Pas Yierick akhirnya mengabarkan kalau latihannya sebaiknya besok aja *which means hari ini* karena si Juhari masih rapat sampai detik itu. Ya ampunnnnn....telat, Rick, ngirim filenya! Seperti biasa, karena takut nggak bisa nyanyinya, saya sudah mengobrak-abrik altavista buat mencari file mp3-nya plus liriknya.

Ya udah, gagal total segala rencana saya kemarin untuk mulai mengerjakan beberapa tugas kampus gara-gara latihan band yang tidak jelas. Kalau harus latihan hari ini, saya udah tahu kalau saya nggak akan bisa latihan, karena hari ini saya ada kelas jam 2-4 sore. Lalu malamnya jam 7-9 saya harus mengajar kelas praktikum saya. Antara jam 4-7 pasti saya harus siap-siap bahan mengajar dan sebagainya. Jelas nggak mungkin bisa latihan. Tapi saya udah tau apa yang akan terjadi. Para pemain band akan tetep latihan *seperti tadi malam, latihan tanpa Juhari yg lagi rapat dan tanpa saya karena apartment saya terlalu jauh jadi mereka males menjemput saya* dan saya akan latihan sendiri. Di hari terakhir *ini bahkan bisa jadi dua-tiga jam sebelum manggung* barulah kami semua kerja keras susah payah latihan bareng untuk memadukan semuanya.

Untungnya sih, sejauh ini semuanya baik-baik aja. Eh, enggak jugalah. Seingat saya, di setiap manggung, ada aja masalah yg muncul. Misalnya sound yg nggak maksimal, mic saya yg suka mati, chord yg salah, salah masuk intro, dsb. Kalau gini, jadi gemes ama band kita yg suka banget latihan mendadak, serba nggak maksimal. Kalau misalnya kita mau dikiiiiittttt aja disiplin, latihan tepat waktu, rutin, dengan persiapan yg matang, pasti deh band kita jadi bagus manggungnya. Ini aku yakin banget, karena band kita materi pemainnya udah bagus-bagus, tinggal memadukan dan mengkompakkan permainan masing-masing.

Hmmmmffffhhhh....Stairway to Heaven, gila panjang bener liriknya....mana liriknya susah dipahami maknanya, pake kata-kata bersayap gini. Kayaknya gak cocok pula dengan warna suara saya yg ngejazz gini. Ada yang bisa bantu saya memahami lagunya dan mencari personality suara saya di lagu ini?